Rabu, 18 Maret 2020

MAN 1 Karawang Selenggarakan Ujian Praktek

Dalam menyongsong akhir tahun ajaran 2019/2020, MAN 1 Karawang menyelenggarakan ujian praktek pada Senin, 02 Maret 2020 sampai dengan Sabtu, 07 Maret 2020 di lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dalam proses pendidikan.

Ujian praktek merupakan salah satu dari serangkaian ujian akhir yang harus diikuti oleh para peserta didik kelas XII sebagai syarat kelulusan. Ujian praktek juga menjadi “gerbang pembuka” dari tahapan ujian-ujian yang ada di MAN 1 Karawang, seperti UAMBN-BK, UMBK, dan UNBK.

Ujian praktek menuntut peserta didik untuk menampilkan keterampilan hasil belajarnya dalam bentuk kerja. Ada 301 peserta didik kelas XII dari 8 rombongan belajar (4 IPA dan 4 IPS) mengikuti kegiatan tersebut selama 6 hari. Rata-rata ada 2 mata pelajaran (mapel) yang diujikan dalam setiap harinya.

Ada 12 mapel yang diujikan secara praktek, yaitu: Al-Qur’an Hadits, Fiqh, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Seni Budaya, Prakarya, Bahasa Sunda, Penjasorkes, Fisika, Kimia, Biologi. Khusus untuk 3 mapel yang disebutkan terakhir, hanya diikuti oleh para peserta didik program peminatan IPA, sedangkan IPS tidak ada.

Masing-masing mata pelajaran menggunakan bentuk ujian yang berbeda-beda. Misalnya, Fiqh mengujikan materi shalat jenazah dan tayamum dalam bentuk gerakan dan bacaan, sekaligus mengawali kegiatan ujian praktek. Sementara, Biologi dalam bentuk praktikum di laboratorium. Sedangkan, prakarya menguji kemampuan peserta didik dalam memasak, sekaligus menutup rangkaian ujian praktek tahun ajaran 2019/2020.

MAN 1 Karawang Selenggarakan Ujian Praktek
Bagikan
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *