Karawang — Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang pelaksanaan program yang sudah dirancang. Salah salah program Kepala MAN 1 Karawang adalah pelaksanaan supervisi bagi guru mata pelajaran dan guru  Bimbingan Konseling (BK). Untuk itu, Kepala MAN 1 Karawang membuat SK bernomor: B-038/Ma.10.52/ PP.006 /10/2021 tentang susunan supervisor MAN 1 Karawang untuk semester genap tahun pelajaran 2020/2021.

Menindaklanjuti pelaksaan program tersebut, Fuad Hasyim. S.Ag., salah seorang guru yang ditugaskan Kepala Madrasah sebagai supervisor melaksanakan pertemuan sosialisasi, bertempat di Laboratorium Komputer sekolah, Senin (01/02). Pertemuan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan pelaksanaan supervisi. Selain itu, agar terjadi persamaan langkah/persepsi dalam pelaksanaannya.

Lebih lengkap lagi disampaikan bahwa pelaksanaan supervisi dilaksanakan dengan dua tahapan. Pertama, pengamatan. Artinya proses pengumpulan data kinerja guru yang dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap  cara kerja guru pada saat menyampaikan  materi  pelajaran atau bimbingan di kelas kepada peserta didik. Pengamatan terdiri atas: pertemuan sebelum pengamatan, selama pengamatan, dan pertemuan setelah pengamatan.

Kedua, pemantauan. Artinya suatu proses pengumpulan data kinerja guru yang dilakukan terhadap kegiatan guru selain pelaksanaan pembelajaran/bimbingan, misalnya: kehadiran guru. Pemantauan dilaksanakan selama satu tahun dan dapat dilaksanakan dengan teknik: wawancara, studi dokumen dan observasi.

Menanggapi hal tersebut kepala MAN 1 Karawang, H. Sutarna, S.Pd. M.M.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran kelompok yang dinilai oleh Fuad Hasyim atas dedikasinya, walaupun dalam kondisi yang sulit karena akses jalan tergenang air, peserta tetap datang . Ini semua dilakukan untuk mendapatkan informasi  seputar pelaksanaan supervisi. Kepala MAN juga berharap mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab, profesionalitas guru MAN 1 Karawang dalam mendidik terus meningkat, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik.

Samakan Persepsi Lewat Sosialisasi Supervisi MAN 1 Karawang
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *