Karawang — Untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan pada akhir jenjang pendidikan Madrasah Aliyah (MA), perlu diadakan ujian akhir jenjang pendidikan yang disebut Ujian Madrasah (UM). Dalam upaya memudahkan dan memberikan kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan UM di MAN 1 Karawang Tahun Pelajaran 2020-2021, maka ujian dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi E-Learning Madrasah.

Dalam keterangannya, Dani Hamdani, S.Pd., selaku Wakamad Bidang Kurikulum di MAN 1 Karawang, menyampaikan bahwa pelaksanaan UM di MAN 1 Karawang dilaksanakan dengan online ini dalam upaya mencegah penularan wabah Covid – 19 yang belum berakhir sesuai arahan dari pemerintah.

“Alhamdulillah, di sekolah kita sudah berpengalaman melakukan ujian berbasis online, dari UM tahun sebelumnya, dan PAS kemarin pun kita sudah melaksanakan ujian online dengan menggunakan aplikasi E-Learning Madrasah yang direkomendasikan oleh Kementerian Agama Pusat,” ujar Dani.

“Persiapan UM tahun ini sudah matang, dan insya Allah pada pelaksanaannya tidak menemukan kendala”, tandasnya.

Pelaksanaan UM tahun ini dimulai pada Senin, 22 Maret sampai dengan Rabu, 31 Maret 2021, dengan jadwal terlampir. Sebelum dilaksanakan UM, telah dilaksanakan acara simulasi UM. Simulasi tersebut dilaksanakan untuk memastikan kesiapan pelaksanaan UM, agar berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan, terutama kesiapan gawai yang dimiliki siswa apakah bisa digunakan dengan baik saat pelaksanaan ujian nanti.

Kegiatan UM luring dilakukan khusus kepada peserta didik yang memiliki kendala terkait dengan pelaksanaan UM secara daring, seperti belum tersedianya perangkat teknologi yang memenuhi spesifikasi untuk melaksanakannya. Dalam praktiknya, bagi peserta didik tersebut diadakan kegiatan UM di sekolah, tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Ujian Madrasah (UM) Online di MAN 1 Karawang Gunakan E-Learning Madrasah
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *